Beranda Daerah Budidaya Porang, Alternatif Tingkatkan Ekonomi Petani Aceh

Budidaya Porang, Alternatif Tingkatkan Ekonomi Petani Aceh

40950
0
BERBAGI

LingkarKita – Aceh Timur | Budidaya tanaman Porang mulai digalakan masyarakat Gampong Sarah Teube, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur. Tanaman umbi-umbian ini tengah populer dibicarakan masyarakat lantaran harga jualnya yang lumayan.

“Mungkin ini pertama kali di Aceh kita lakukan budidaya tanaman porang. Selain harga jualnya yang lumayan, tanaman ini juga bisa menjadi pilot proyek bagi masyarakat di Aceh, terutama Aceh Timur,” tutur Harmaidan atau yang akrab disapa pak Wa, salah seorang petani porang di daerah itu saat dikunjunggi lingkarkita.com, Kamis (29/10/2020) di lahan budidaya.

Ia menyebut, area lahan budidaya porang telah dipersiapkan kurang lebih 28 hektar di kawasan itu dan telah mempekerjakan penduduk setempat.

Bibit porang
Bibit tanaman porang yang sedang disemai di area lahan seluas 28 hektar, Kamis (29/10), (foto: lingkarkita.com)

Dikatakannya, kawasan budidaya juga nantinya bisa dijadikan sebagai tempat edukasi bagi masyarakat yang ingin mempelajari tatacara pengembangan tanaman porang.

“Selain budidaya porang, area seluas 28 hektar ini nantinya akan kita rencanakan pembagunan pasantren terpadu, karna ini masih dalam proses penataan area, sehingga pelan-pelan kita mengarah ke sana,” ujarnya.

Demi kemajuan masyarakat sekitar, pihaknya senantiasa berharap dukungan semua pihak agar program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik.

Penulis: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here