Beranda Daerah Breaking News: Simeulue Diguncang Gempa Dangkal Berkedalaman 15 KM

Breaking News: Simeulue Diguncang Gempa Dangkal Berkedalaman 15 KM

605
0
BERBAGI

Lingkarkita.com, Simeulue – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Simeulue, Aceh. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa dengan berkekuatan M4.8 (4,8 SR) itu terjadi pada pukul 15:14 WIB, Jum’at (05/07/2024).

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin, dalam siaran pers yang diterima Lingkarkita.com menerangkan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M4.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.3° LU dan 96.19° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 27 km BaratDaya SINABANG-ACEH pada kedalaman 15 km.

“Jenis dan mekanisme gempa bumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Megathrust,” tulis Andi.

Dikatakan, sedangkan dampak dari gempa bumi tersebut, berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di daerah Kecamatan Salang dengan skala intensitas IV MMI pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Ia menyebut, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Sementara hingga pukul 15:33 WIB belum terjadi gempa bumi susulan. Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” tutup Andi. (cs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here